RSUD Banyumas Dipilih Sebagai Tempat Tujuan Pengabdian Masyarakat FKG Unsoed Purwokerto

RSUD Banyumas Dipilih Sebagai Tempat Tujuan Pengabdian Masyarakat FKG Unsoed Purwokerto

 

Banyumas – Kepala Bagian Diklat, Litbang dan PMKS RSUD Banyumas, Agus Nugroho, S.IP., M.Kes., menerima tim dari Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto pada Rabu (4/10/2023) di Instalasi Pelayanan Thalasemia Terpadu RSUD Banyumas.

Pada kunjungan tersebut tim FKG Unsoed akan melakukan kegiatan pengabdian masyarakat kepada penyandang thalasemia di RSUD Banyumas.

“FKG Unsoed pada hari ini akan melakukan pengabdian masyarakat berupa pemeriksaan kesehatan gigi dan juga edukasi kepada penyandang thalasemia” katanya.

Dia berharap kegiatan yang akan dilakukan oleh tim FKG Unsoed ini akan memberikan manfaat kepada para penyandang thalasemia.

“Mudah-mudahan kegiatan ini akan dapat bermanfaat bagi peserta yang nantinya akan mengikuti, khususnya pada kesehatan giginya” harapnya.

drg. Rizki Amalia Hidayah, MPH., Ketua Tim FKG Unsoed, dalam wawancara mengatakan bahwa kegiatan yang akan dilakukan oleh timnya adalah pemeriksaan gigi serta edukasi.

“Kami akan melakukan pemeriksaan oral secara komprehensif dan melakukan edukasi berupa penyuluhan tentang kesehan gigi dan mulut pada penyandang thalasemia mayor yang sedang menjalankan treatment perawatan tranfusi di RSUD Banyumas” katanya.

Terkait dipilihnya RSUD Banyumas sebagai tempat pelaksanaan pengabdian masyarakat FKG Unsoed, disampaikan olehnya adalah karena RSUD Banyumas merupakan tempat rujukan terbesar untuk wilayah Banyumas dalam penanganan kasus thalasemia mayor pada anak.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menurunkan prevalensi karies gigi yang cukup tinggi yang diderita oleh anak yang menyandang thalasemia mayor” jelasnya.

Dia berharap agar dengan kegiatan ini akan meningkatkan pengetahuan sehingga dapat merubah perilaku menjaga kesehatan gigi dan mulut anak dan menurunkan resiko terjadinya karies gigi yang menjadi permasalahan besar beberapa waktu ini.

Related Posts

Komentar