Keyakinan dan Nilai-nilai Dasar


KEYAKINAN DASAR RSU BANYUMAS

Kami berkeyakinan bahwa :

  • Mutu adalah unsur utama dalam melayani penderita.
  • Prosedur pelayanan yang mudah serta tidak berbelit-belit akan menyenangkan pasien
  • Sikap yang ramah dan profesional akan membantu pasien untuk mencapai kesembuhan dan kepuasan.
  • Pengetahuan dan ketrampilan kami sangat mempengaruhi mutu pelayanan
  • Bekerja adalah ibadah, oleh karenanya sikap ikhlas disertai semangat kerja yang tinggi dan bergairah sangat diperlukan untuk mendapatkan kebahagiaan hidup di dunia dan di akhirat.
  • Salah satu tolok ukur keberhasilan RSU Banyumas adalah Pemanfaatan Rumah Sakit oleh masyarakat.
  • Kritik dan saran dari masyarakat akan membuat kami sadar akan kekurangan yang sehingga kami senantiasa memperbaikinya.

 

NILAI – NILAI DASAR RSU BANYUMAS

  • Kejujuran
    Kejujuran adalah kemampuan orang untuk mengatakan suatu kenyataan sebagaimana adanya.
  • Keterbukaan
    Keterbukaan terhadap sesuatu yang baru merupakan nilai yang perlu dijunjung tinggi oleh setiap karyawan, sehingga setiap karyawan mampu menghadapi setiap perubahan baik internal organisasi maupun eksternal organisasi. Kejujuran dan keterbukaan akan menimbulkan “kepercayaan” dari masyarakat.
  • Kerenahan hati
    Kerendahan hati menjadikan orang mampu menerima kehadiran orang lain dan pendapat orang lain serta mampu membangun kerjasama dengan orang lain dalam mencapi tujuan bersama.
  • Kesediaan melayani
    Kesediaan melayani merupakan tindakan terpuji dalam hubungan dengan pelanggan. Setiap karyawan dengan ringan hati memberikan pelayanan kepada seluruh pelanggan, sehingga pelanggan merasa diperdulikan oleh RSU Banyumas.
  • Kerja keras
    Kerja keras tidak kenal lelah merupakan unsur yang sangat penting dalam mewujudkan peningkatan kualitas secara terus menerus agar RSU Banyumas tetap dicintai oleh pelanggannya. Kerja keras salah satu unsur menuju kesuksesan.
  • Kasih sayang
    Kasih sayang adalah sikap welas asih yang dimiliki oleh setiap manusia. Dapat diwujudkan dalam kegiatan pelayanan sehari-hari baik terhadap pelanggan maupun teman sekerja kita.
  • Loyalitas
    Loyalitas adalah kemampuan karyawan untuk mewujudkan apa yang telah diucapkan atau dijanjikan dalam bentuk tindakan nyata. Karyawan RSU Banyumas akan berusaha untuk mewujudkan apa yang telah dijanjikan ketika masuk menjadi keluarga besar RSU Banyumas melalui TRI SATYA (Satya kepada pimpinan, sejawat, bawahan).

 

CARA PANDANG PASIEN MENURUT RSU BANYUMAS

  • Pasien adalah orang yang paling penting dalam urusan kita.
  • Mereka bukan pengganggu pekerjaan kita, meraka adalah tujuan pekerjaan kita.
  • Kita bukannya bermurah hati dengan melayani mereka, merekalah yang bermurah hati kepada kita dengan memberikan kesempatan untuk melayani mereka.
  • Mereka bukanlah orang luar dalam urusan kita tetapi mereka dalah urusan kita.
  • Mereka bukanlah barang tetapi mereka adalah daging dan darah, makhluk manusia dengan rasa dan perasaan, yang bisa menyukai dan tidak menyukai.
  • Pasien adalah orang yang menyampaikan keluhannya kepada kita. Adalah tugas kita untuk menangani keluhan itu dengan cara yang menyenangkan dan penuh kesediaan untuk membantu.