Aplikasi Pelayanan Prima
APLIKASI PELAYANAN PRIMA RSU BANYUMAS
Pribadi prima Karyawan/Petugas RSU Banyumas
- Tampil ramah
- Tampil sopan dan penuh hormat
- Tampil dengan pengetahuan dan ketrampilan yang mantap (profesinal)
- Tampil rapi
- Tampil ceria
- Senang memaafkan dan meminta maaf
- Senang bergaul
- Senang belajar kepada orang lain
- Senang kepada kewajaran
- Senang menyenangkan orang lain
- Senang mengucapkan “salam” dan “terima kasih”
Cara mendengar aktif RSU Banyumas “DENGAR”
- Dihayati dengan mata dan hati
- Elakkan evaluasi dini
- Ngelamun harus dihindari
- Gaya tubuh yang empati
- Arahkan pada inti permasalahan
- Rangkum dengan bahasa sendiri
Cara mengatasi pelanggan yang tidak puas TERBUKA RSU Banyumas dengan “SEJUK”
- Sabar
- Empati
- Jangan menolak
- Ulurkan bantuan
- Komitmen dengan penyelesaian
Cara mengatasi pelanggan yang tidak puas TERTUTUP RSU Banyumas dengan “GAYA”
- Gali masalah yang dihadapi oleh pelanggan
- Arahkan pada masalah yang spesifik
- Yakinkan akan komitmen penyelesaian masalah
- Ajukan saran penyelesaian
Cara memberikan pelayanan RSU Banyumas “SENYUM” dan “TRAMPIL”
SENYUM:
- Sigap dan salami dengan tulus dan sopan, dan pelihara harga diri pelanggan
- Empati terhadap perasaan dan masalah pelangan
- Nalar, nyatakan respon positif terhadap masalah pelanggan dan jadilah pendengar aktif yang baik
- Yakinkan bahwa anda mengerti masalah pelangan dan siap membantu
- Upayakan gagasan pelanggan
- Mengucapkan terima kasih dan meminta maaf yang tulus
TRAMPIL:
- Tanya, kumpulkan informasi kebutuhan pelanggan
- Rumuskan permasalahan pelanggan
- Ambil Rencana tindakan dan usulkan secara sugestif
- Melibatkan pelanggan dalam pengambilan keputusan/tindakan (misalnya pelanggan belum bisa bayar, kita tangani)
- Pelaksanaan tindakan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan
- Informasikan kepada pelanggan setiap perkembangan penyelesaian tindakan
- Lanjutkan pelayanan sampai tuntas dan cek tingkat kepuasan pelanggan
Cara menghadapi permasalahan pekerjaan di RSU Banyumas “Pejaka Tingting”
- Peduli lingkungan
- Jangan berburuk sangka
- Kasih sayang sebagai landasan bekerja
- Tingkatkan kinerja
- Tingkatkan iman dan takwa
Cara meningkatkan kompetensi RSU Banyumas “KERAMAS”
- Komunikasi (kemampuan berkomunikasi secara efektif)
- Etika (kemampuan pertimbangan etika dan moral)
- Refleksi (kemampuan mawas diri/refleksi(self awareness))
- Ability (kemampuan mengelola masalah kesehatan individu, keluarga dan masyarakat dalam konteks pelayanan kesehatan primer)
- Aplikasi (menerapkan ilmu kedokteran dasar dalam praktek kedokteran)
- Sekolah (kemampuan pengembangan diri dan belajar sepanjang hayat)
Moto Pelayanan RSU Banyurnas “CEMERLANG"
- Cepat, pelayanan yang segar, sigap dan tanggap.
- Efektif, pelayanan dengan hasil yang memuaskan tingkat kesembuhan yang tinggi.
- Mudah, pelayanan yang mudah dimengerti dan tidak berbelit belit.
- Efisien, pelayanan dengan biaya yang minimal dengan hasil yang optimal.
- Ramah, pelayanan yang ditandai dengan senyum, salam dan sapa yang hangat.
- Lancar, pelayanan yang berkesinambungan.
- Aman, pelayanan yang memberikan rasa aman baik fisik, mental-emosional, material spiritual.
- Nyaman, palayanan dengan lingkungan yang bersih, indah dan penuh kekeluargaan.
- Gairah, pelayanan yang diberikan dengan semangat disiplin disertai rasa senang dan gembira