Tugas dan Fungsi

  1. Tugas dan Fungsi Pokok /Kegiatan Utama RSUD Banyumas

Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Banyumas Nomor 27 tahun 2009, RSUD Banyumas adalah salah satu Badan Teknis Daerah milik Pemerintah Kabupaten Banyumas yang mempunyai tugas melaksanakan upaya kesehatan secara efektif dan efisien dengan mengutamakan upaya penyembuhan serta pemulihan yang dilaksanakan secara serasi, terpadu dengan upaya peningkatan dan pencegahan serta melaksanakan upaya rujukan. Dalam perkembangannya RSUD Banyumas terus melesat secara bermakna dari tugas sesuai PERDA  tersebut di atas. 

RSUD Banyumas terus memperlihatkan hasil produk pelayanan kesehatan yang semakin diminati oleh masyarakat Kabupaten Banyumas dan sekitarnya.  Di sisi lain prestasi dan apresiasi secara persisten diperoleh juga merupakan untaian benang merah dari pelayanan yang terbaik oleh seluruh karyawan, manajemen yang berkompeten serta dukungan dari seluruh pihak. Menyikapi dengan perkembangan yang signifikan dari RSUD Banyumas ini, pengelolaan RSUD Banyumas pun menjadi satu kebutuhan untuk diubah dari status swadana menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). Berdasarkan Keputusan Bupati Banyumas nomor 445/371/2008 tentang Pola Pengelolaan Keuangan, RSUD Banyumas pun berubah status pengelolaannya menjadi Badan Layanan Umum Daerah yang menerapkan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah (PPK- BLUD)

RSUD Banyumas menyelenggarakan kegiatan pelayanan jasa kesehatan, pendidikan, pelatihan, penelitian dan pengembangan kesehatan. Sifat kegiatan tersebut berfungsi sosial, profesional, dan etis dengan pengelolaan keuangan berdasarkan prinsip ekonomi dan menerapkan praktik bisnis yang sehat. Sesuai dengan hasil analisis lingkungan dan isu strategis yang terkait dengan organisasi, RSUD Banyumas menerapkan “Strategi Pertumbuhan” dalam menggalang dan mengarahkan seluruh sumber daya dalam mencapai tujuan yang telah menjadi konsensus bersama. Strategi pertumbuhan ditempuh karena adanya peluang untuk menambah kapasitas dan pengkayaan jenis pelayanan rawat jalan dan rawat inap, dengan melakukan ekspansi pasar ke teknologi canggih. Pelayanan RSUD Banyumas sekarang ini meliputi:

  1. Pelayanan Rawat Jalan :
  • Klinik Peny. Dalam I
  • Klinik Peny. Dalam II
  • Klinik Peny. Dalam III
  • Klinik Peny. Dalam IV
  • Klinik Peny. Dalam V
  • Klinik Bedah I
  • Klinik Bedah II
  • Klinik Bedah III
  • Klinik Bedah IV
  • Klinik Umum
  • Klinik Anak
  • Klinik Tumbuh Kembang
  • Klinik Obsgin I
  • Klinik Obsgin II
  • Klinik Laktasi/KB
  • Klinik Penyakit Syaraf I
  • Klinik Penyakit Syaraf II
  • Klinik Jiwa I
  • Klinik Jiwa II
  • Klinik Penyakit THT
  • Klinik Penyakit Mata
  • Klinik Penyakit Kulit dan Kelamin
  • Klinik Gigi dan Mulut
  • Klinik Penyakit Jantung
  • Klinik Bedah Ortopedi
  • Klinik Perjanjian
  • Fisioterapi
  • Check Up/KIR
  • Okupasi Terapi
  • Konsultasi Gizi
  • Psikologi
  • EEG
  • Keterapian Fisik/IRM
  • VCT
  • Endoscopy
  • Terapi Wicara
  • Orthotic Prostetic
  • Kosmetik
  • Klinik Urologi
  • Klinik DOTS
  • Klinik Paru-paru
  • Klinik Anak 3
  • Klinik Psikoterapi

 

  1. Pelayanan Rawat Inap
    • Ruang Anggrek (Pelayanan Rawat Inap Kebidanan Dan Kandungan Kelas II dan III)
    • Ruang Bougenvile (Pelayanan Rawat Inap Penyakit Dalam Wanita Kelas II dan III)
    • Ruang Cempaka (Pelayanan Rawat Inap Penyakit Dalam Pria Kelas II dan III)
    • Ruang Dahlia (Pelayanan Rawat Inap Penyakit Bedah Pria kelas II. III)
    • Ruang Edelwaise (Pelayanan Rawat Inap Bedah Wanita, THT, dan Mata Kelas II dan III)
    • Ruang Melati (Pelayanan Rawat Inap Kelas III)
    • Ruang Teratai (Pelayananan Rawat Inap Kelas III Infeksius)
    • Ruang Flamboyan (Pelayanan Rawat Inap Kelas I)
    • Ruang Gardena (Pelayanan Rawat Inap Kelas I)
    • Ruang Wijaya Kusuma I Pelayanan Rawat Inap Kelas I dan VIP)
    • Ruang Wijaya Kusuma II (Pelayanan Rawat Inap Kelas VIP)
    • Ruang Bima (Pelayanan Rawat Inap Gangguan Jiwa Kelas II dan III)
    • Ruang Nakula (Pelayanan Rawat Inap Gangguan Jiwa Kelas III)
    • Ruang Kanthil (Pelayanan Rawat Inap Anak Kelas I, II, dan III)
    • Pelayanan Stroke Terpadu
    • Pelayanan ICU
    • Pelayanan Perinatal
    • Pelayanan High Care/Intermediate Care (HCU/IMC)
    • Ruang Arjuna (Pelayanan Rawat Inap Gangguan Jiwa Kelas I)
    • Ruang Sadewa (Pelayanan Rawat Inap Gangguan Jiwa Kelas III)
    • Ruang Permata Hati (Pelayanan Rawat Inap Pospartum)
    • Ruang Thalassemia
  2. Pelayanan Gawat Darurat
  3. Pelayanan Persalinan
  4. Pelayanan Bedah
  5. Pelayanan Hemodialisa
  6. Pelayanan Penunjang
    • Instalasi Rehabilitasi Medik
    • Instalasi Laboratorium (Patologi Klinik, Patologi Anatomi, Bank Darah)
    • Instalasi Farmasi
    • Instalasi Radiologi
    • Instalasi Teknologi Informatika (ITI)
    • Instalasi P2CSR (Penanganan Komplain, Pemasaran, Customer Servis, Sosial & Pelayanan Kerohanian
    • Instalasi Gizi
    • Unit Endoskopi
    • Unit EEG, TCD dan Brain Maping
    • Instalasi Sterilisasi Sentral
    • Instalasi Pemeliharaan Sarana dan Prasarana RS
    • Instalasi Sanitasi dan Penyehatan Lingkungan
  7. Pelayanan Pendidikan dan Penelitian
  8. Pelayanan Perpustakaan dan Internet
  9. Pelayanan Mutu dan Kerjasama
  10. Pelayanan Administrasi dan Keuangan
    • Pelayanan ketatausahaan
    • Pelayanan keuangan
    • Pelayanan pengelolaan pelanggan dan kegiatan sosial RS
    • Pelayanan Pengelolaan Asset Rumah Sakit
    • Rekam Medis, asuransi, pelayanan permintaan visum et repertum
    • Tempat Pendaftaran Pasien Rawat Inap dan Rawat Jalan
    • Informasi
    • Pemulasaran Jenazah dan Kerohanian
    • Pelayanan transportasi (ambulance)
    • Pelayanan security
  11. Unit pelayanan BPJS dan Asuransi Lainnya