Mentoring dan overview penyusunan PDSA Bidang Keperawatan Tahun 2023

Mentoring dan overview penyusunan PDSA Bidang Keperawatan Tahun 2023

Banyumas - Hari ini Kamis (02/02/2023) bertempat di  Gedung Lantai 3 Aula Thalassemia RSUD Banyumas, Bidang Keperawatan Menggelar Mentoring dan Overview Penyusunan PDSA Tahun 2023. Hadir dalam Pertemuan sekitar 50 Orang Perawat mengikuti Kegiatan Ini.

 
Tulus Setiono,S.Kep.,Ns.,MPH selaku Kepala Bidang Keperawatan RSUD Banyumas dalam rangka sambutan sekaligus membuka kegiatan menyampaikan pesan, bahwa ini adalah kegiatan pendahuluan, persamaan persepsi, dan overview indikator mutu.

 

Kegiatan resmi akan dilaksanakan bulan Maret mendatang, setelah peserta mengerjakan PR hari ini. Setelah launching Maret nanti, Kegiatan ini di harapkan bisa berjalan secara berkesinambungan dan berkelanjutan, setiap 3 bulan sekali meetup ofline dalam rangka untuk meningkatkan mutu Pelayanan di RSUD Banyumas khususnya Pelayanan di Bidang Keperawatan.

 

PDSA pada hakekatnya merupakan kegiatan dilakukan untuk menguji hasil uji coba perubahan dan menilai dampaknya. Dalam uji coba perubahan yang dilakukan dengan siklus ini mungkin saja tidak memenuhi keinginan, Oleh sebab itu lebih aman dan lebih efektif jika uji coba dilakukan dalam skala kecil sebelum dilakukan penerapannya di semua bagian. Factor-faktor yang berhubungan dengan kegiatan uji coba adalah berkaitan dengan pengurangan biaya, waktu, dan risiko dari sebuah pekerjaan. (A. Al-Assaf, 2009; Prihantoro, 2012).

 
Metode Plan-Do-Study-Act (PDSA) adalah cara untuk menguji perubahan yang diterapkan dalam rangka memastikan berjalannya peningkatan mutu yang berkesinambungan. Empat langkah dalam PDSA berfungsi untuk memandu proses berpikir dalam memecah tugas menjadi beberapa langkah teknis dan kemudian mengevaluasi hasilnya, meningkatkannya, dan mengujinya kembali. Dokumen PDSA digunakan pula sebagai bukti tindak lanjut dan perbaikan yang dipersyaratkan juga dalam akreditasi maupun re-akreditasi rumah sakit dan fasilitas kesehatan primer.

 

Lebih lanjut Tulus menjelaskan bahwa setelah kegiatan ini akan dilanjutkan dengan Pelatihan Penyusunan Risalah PDCA. Hari ini Tim PDSA dikumpulkan untuk persamaan persepsi tentang Indikator mutu, identifikasi gap antara data dan standar untuk di bawa pada saat Pelatihan dan Penyerahan SK Tim PDSA Bidang Keperawatan Bulan Maret Mendatang yang Insha Allah akan diserahkan oleh Direktur RSUD Banyumas" pungkasnya....

 

Related Posts

Komentar