Pembinaan Jejaring Rujukan dan Update Klinis Kegawatdaruratan Maternal Perdarahan Pasca Salin di Puskesmas

Pembinaan Jejaring Rujukan dan Update Klinis Kegawatdaruratan Maternal Perdarahan Pasca Salin di Puskesmas

Banyumas - Puskesmas Banyumas menggelar kegiatan pendampingan dan pemeriksaan ibu hamil resiko tinggi dan update klinis penanganan kegawatdaruratan maternal oleh dokter spesialis obstetri dan ginekologi (DSOG) dari RSUD Banyumas pada Jumat (20/10/2023).

Kegiatan ini diikuti oleh bidan, Perawat dan dokter Puskesmas Banyumas dan ibu hamil risiko tinggi. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas bidan dalam penanganan kegawatdaruratan maternal dan memperkuat jejaring rujukan.


Dalam kegiatan ini, dr. Imanuddin Sugihartomo, Sp.OG, memberikan materi tentang penanganan kegawatdaruratan maternal perdarahan pasca salin. Beliau juga memberikan tips untuk memperkuat jejaring rujukan.

“Perdarahan pasca salin merupakan salah satu penyebab kematian ibu. Oleh karena itu, penting bagi bidan untuk memiliki keterampilan dan pengetahuan yang memadai dalam penanganan kegawatdaruratan pada kasus perdarahan pasca salin, kata dr. Imanuddin

 


Kepala Puskesmas Banyumas, Susanti, S.ST., Bdn, mengatakan bahwa kegiatan. ini merupakan salah satu upaya Puskesmas Banyumas untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan maternal dan neonatal.

“Kami berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kapasitas bidan dokter umum dan memperkuat jejaring rujukan sehingga dapat mencegah kematian ibu dan bayi,” kata Susanti.

 


Kegiatan ini ditutup dengan sesi tanya jawab dan diskusi. Peserta mengaku mendapatkan banyak ilmu dan keterampilan baru dari kegiatan ini.

Related Posts

Komentar