KDS Banyumas Life Support Gelar Acara Untuk Anggotanya

KDS Banyumas Life Support Gelar Acara Untuk Anggotanya

Banyumas – Paguyuban Kelompok Dukungan Sebaya (KDS) Banyumas Life Support menggelar acara pertemuan bagi para anggotanya pada Kamis (5/9/2024). Acara dipusatkan di Aula Komite Medis dengan di hadiri tidak kurang dari 40 peserta. KDS Banyumas Life Support sendiri merupakan paguyuban yang bergerak dibidang pendampingan bagi para ODHA (Orang Dengan HIV/AIDS) yang ada di RSUD Banyumas.

Pada acara tersebut menghadirkan Manajemen RSUD Banyumas, KPAD Kabupaten Banyumas dan Baznas Kabupaten Banyumas.

KPAD Kabupaten Banyumas yang diwakili oleh Sekretaris, Drs. Suwondo, MM dalam sambutannya menyampaikan bahwa semua stakeholder yang terkait dengan ODHA telah memberikan banyak bantuan sehingga diharapkan ada timbal balik dari ODHA itu sendiri.

“Timbal baliknya bukan berupa pembiayaan, tapi kesetiaan, keikhlasan dan kedisiplinan untuk tetap menjaga kesehatan dengan cara menjaga pola hidup bersih, datang ketika saatnya kontrol dan minum obat dengan teratur” ucapnya.

Dia berharap dengan adanya pertemuan ini maka jumlah ODHA yang mau diajak untuk berobat dapat bertambah secara mandiri.

Tulus Setiono, S.Kep.Ns., MPH., Kabid Keperawatan yang mewakili Direktur dalam sambutannya mengatakan bahwa RSUD Banyumas menyambut baik atas pemberian bantuan secara rutin yang telah dilakukan.

 

Disampaikan juga bahwa HIV diharapkan bisa diputus melalui edukasi dan promosi kesehatan sehingga RSUD Banyumas secara aktif melakukan edukasi dan penyuluhan dari tingkat SMA sampai ke masyarakat luas.

“Ini merupakan salah satu upaya gerakan bersama untuk mengakhiri AIDS di 2030” katanya.

Dijelaskan bahwa Banyumas masih tinggi untuk angka kejadian HIV/AIDS sehingga dijadikan program prioritas di Kabupaten Banyumas dengan harapan angkanya semakin menurun atau bahkan semakin nol.

“Untuk proses ini dibutuhkan kerjasama tidak hanya dari rumah sakit, namun juga dari dinas kesehatan, LSM dan seluruh masyarakat tanpa terkecuali” jelasnya.

Diharapkan dengan adanya gerakan bersama  dalam satu usaha ini maka tujuan di tahun 2030 bisa tercapai.

 

Pada acara tersebut, Ketua Baznas Kabupaten Banyumas Khasanatul Mufidah, SH. Menyampaikan bahwa Baznas siap memberikan bantuan kepada para ODHA.

“Silahkan disampaikan kebutuhannya bantuannya kepada kami nanti akan ditindaklanjuti” katanya.

 

Dukungan moril juga disampaikan oleh Ketua KDS Banyumas Life Support yaitu Puji Astini dan diakhiri dengan pemberian materi oleh dr. Yuliana Sari yang adalah PJ Klinik VCT Bunga Harapan RSUD Banyumas.

 

Di acara tersebut diberikan bantuan nutrisi yang berasal dari KPAD, Baznas dan UPZ RSUD Banyumas yang diterimakan secara simbolis oleh peserta.

 

 

Related Posts

Komentar