TETAP CANTIK DI PELAYANAN KESEHATAN JIWA RSUD BANYUMAS

TETAP CANTIK DI PELAYANAN KESEHATAN JIWA RSUD BANYUMAS

 

BANYUMAS – Kecantikan adalah anugerah pencipta yang secara kodrat diberikan kepada wanita. Dalam dunia kerja yang juga diisi oleh kaum wanita, maka adalah wajar apabila para wanita pekerja ingin tetap berpenampilan cantik dan menarik.

RSUD Banyumas yang merupakan salah satu tempat kerja yang memiliki pegawai wanita serta memiliki layanan kesehatan jiwa didalamnya, berupaya untuk bisa mengkolaborasikan antara dua hal yang terlihat berbeda tersebut.

Instalasi Pelayanan Kesehatan Jiwa (Yankeswa) yang merupakan RSUD Banyumas mencetuskan hal tersebut dengan menggelar workshop yang bertemakan “Manfaat Terapi Personal Grooming Dalam Meningkatkan Citra Diri dan Keterampilan Okupasi Untuk ODGJ”.

Pada Sabtu (13/8/2022), para perawat dan juga anggota Paguyuban Puntadewa yang berfokus pada pasien gangguan jiwa mengikuti workshop yang menempati Aula Lantai 2 Ruang Bima RSUD Banyumas.

Salah satu dokter spesialis kesehatan jiwa RSUD Banyumas, dr. Hilma Paramita, Sp.KJ. dalam wawancara mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan keterampilan tambahan pada perawat dan anggota Paguyuban Puntadewa yang tentang manfaat terapi personal grooming yang bisa diajarkan kepada pasien-pasien yang ada.

“Semacam ToT (Training of Trainer) agar pasien nantinya punya keterampilan personal grooming dan mampu untuk memperbaiki citra diri dan juga mampu untuk menjadi suatu keterampilan yang meningkatkan keterampilan pekerjanya” katanya

dr. Hilma, biasa dia disapa, juga menjelaskan bahwa diharapkan dengan adanya peningkatan keterampilan personal grooming dari pasien yang sudah dalam tahap rehabilitasi akan bisa menghasilkan nilai ekonomi bagi pasien tersebut.

“Ini suatu pengembangan dari terapi rehabilitasi psikososial untuk pasien ODGJ yang dalam taraf rehabilitasi” pungkasnya.

Ketua kegiatan, Elistiyani, dalam penjelasannya menyampaikan bahwa workshop ini diberikan kepada para peserta yang diharapkan hasilnya nanti akan terapikan kepada pasien yang dirawat di Yankeswa.

“Perawat dan anggota paguyuban agar memiliki tambahan keterampilan untuk diberikan tambahan terapi pada pasien yang memiliki citra diri yang kurang, harga diri rendah” jelasnya.

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa terapi ini nantinya dapat diberikan untuk membantu pasien yang sudah maintenance untuk meningkatkan percaya dirinya.

Layla Suci Nairufal, salah seorang pemberi materi, mengatakan bahwa workshop ini adalah  kerjama antara RSUD Banyumas dengan tempat dia bekerja yang akan mengajarkan para peserta tentang cara bagaimana harus berpenampilan professional dalam dunia kerja.

“Untuk look akan disesuaikan dengan kebutuhan peserta sehingga penampilan kerja akan lebih prima” katanya.

Dalam kegiatan dia memberikan materi dan juga praktek langsung para peserta yang dilakukan olehnya beserta tim.

Related Posts

Komentar