Bidang Keperawatan RSUD Banyumgas Gelar "Meet Our Mentors"

Bidang Keperawatan RSUD Banyumgas Gelar "Meet Our Mentors"

BANYUMAS – Masa orientasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di RSUD Banyumas yang telah dimulai beberapa waktu yang lalu, hingga kini masih dilakukan kegiatannya. Tidak kurang dari 107 CPNS di area keperawatan RSUD Banyumas mengikuti kegiatan “Meet Our Mentors” yang digagas oleh Bidang Keperawatan.

Kegiatan yang digelar di Pendopo Kecamatan Banyumas pada Jumat (8/7/2022) pagi ini merupakan kegiatan yang mempertemukan para CPNS (mentee) dengan para mentor yang telah berjalan selama masa orientasi.

Kabid Keperawatan, Tulus Setiono, S.Kep.Ns.,MPH, dalam acara tersebut mengatakan bahwa setelah melakukan orentasi umum, maka CPNS harus melakukan orientasi khusus. Metode umum yang dimulai pada tanggal 13 Mei 2022 dengan metode klasikal, dilanjutkan dengan kegiatan menggunakan metode mentoring.

“Kegiatan ini merupakan pembelajaran yang diagendakan oleh Bidang Keperawatan RSUD Banyumas” jelasnya.

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa metode mentoring ini dilakukan untuk membentuk mindset para calon pegawai di lingkungan RSUD Banyumas yang sebelumnya menerima materi klinis yang diberikan dan dinilai langsung oleh kepala ruangan.

“107 CPNS yang ada, menerima kuliah online yang dimulai pada bada isya sampai 21.30 yang diberikan oleh masing-masing mentor secara terjadwal” katanya.

Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa materi online yang diberikan merupakan implementasi atas masa ideal orientasi perawat yang berkisar selama 1 tahun. Untuk memenuhinya, para CPNS akan menerima sistem orientasi online selama 3 bulan dan diteruskan secara marathon pada 7 bulan mendatang.

Walaupun masa orientasi CPNS secara resmi akan berakhir pada 20 Juli 2022, namun khusus untuk CPNS di area bidang keperawatan akan tetap menerima mentoring dari para mentor secara berkala.

“Ini dilakukan dengan harapan agar CPNS semakin bisa memberikan kontribusi kepada RSUD Banyumas, sehingga kualitas layanan semakin bertambah dan membuat RSUD Banyumas semakin siap menjadi rujukan rumah sakit di Jawa Tengah dan sekitarnya” pungkasnya.

Direktur RSUD Banyumas, dr. Dani Esti Novia yang menghadiri acara mengatakan bahwa kegiatan ini diharapkan akan menjadikan pelayanan di RSUD Banyumas akan menjadi lebih baik.

“Kita Harus menjadi satu visi satu misi untuk memberikan pelayanan rujukan yang paripurna kepada para pasien kita” pesannya.

Direktur juga mengatakan bahwa pengenalan tidak hanya lingkungan, tetapi bagaimana cara memberikan pelayanan sehingga dia berharap agar implementasi masa orientasi dapat berjalan dengan baik.

Terkait kerjasama yang harus dilakukan oleh para CPNS yang akan mengabdi di RSUD Banyumas, Direktur menekankan bahwa semua harus bisa membangun tim kerja yang baik. Kolaborasi dengan pihak lain mulai dari DPJP, farmasi, fisioterapis, gizi bahkan penunjang lainnya harus diutamakan untuk menghasilkan kerja yang maksimal. Selanjutnya juga diingatkan untuk CPNS yang sudah memilih RSUD Banyumas sebagai tempat pengabdian diharuskan untuk mulai mencintai RSUD Banyumas dengan menyesuaikan perubahan dan budaya kerja yang ada.

“Bekerja tidak hanya untuk mendapatkan materi, tidak hanya menerapkan ilmu pengetahuan namun yang paling penting bekerja sebagai salah satu niat ibadah” pungkasnya mengingatkan.

Setelah acara dibuka secara resmi, para CPNS melakukan diskusi dengan mentor masing-masing tentang apa saja yang telah dilakukan selama masa orientasi umum sehingga dapat dijadikan nilai oleh para mentor dikegiatatn “Meet Our Mentors”.

Related Posts

Komentar