BELAJAR E-RM, RSU DUTA MULYA MAJENANG CILACAP STUDY BANDING KE RSUD BANYUMAS

BELAJAR E-RM, RSU DUTA MULYA MAJENANG CILACAP STUDY BANDING KE RSUD BANYUMAS

BANYUMAS – Segenap jajaran manajemen Rumah Sakit Umum (RSU) Duta Mulya Majenang Kabupaten Cilacap pada Rabu (12/1/2022) mengunjungi RSUD Banyumas dalam rangka kegiatan study banding. Rombongan dipimpin langsung oleh Direktur RSU Duta Mulya drg. Dewi Marhenny, MM. Study Banding yang digelar dititik beratkan pada layanan Elektronik Rekam Medik (E-RM) yang telah diterapkan di RSUD Banyumas yang dalam implementasinya berdasar pada semangat paperless dan hal tersebut menginspirasi RSU Duta Mulya untuk bisa mempelajari sehingga dapat diterapkan.

Dalam sambutan penerimaannya dr. Dani Esti Novia Direktur RSUD Banyumas menyampaikan bahwa E-RM di RSUD Banyumas telah dimulai pada bulan September 2019 yang dimotori oleh dr. Rudi Kristiyanto, Sp.B. selaku Wakil Direktur Pelayanan. Dalam perjalanannya penerapannya memang masih dilakukan perbaikan-perbaikan dan juga adaptasi bagi para penggunanya.

“Untuk memulai penerapan E-RM memang harus dipaksa kemudian akan terpaksa sehingga akhirnya akan terbiasa” katanya.

Direktur juga mengatakan bahwa berawal dari dipaksa, sampai sekarang para dokter dan bagian terkait sudah terbiasa melakukan E-RM. Elektronik Rekam Medik sendiri merupakan bagian dari Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) yang merupakan inovasi yang awalnya digagas oleh Wakil Direktur Umum, dr. Noegroho Harbani, SP.S., MSc.

Lebih lanjut Direktur mengakatan bahwa penerapan fitur-fitur yang ada pada E-RM sudah hampir mendekati 100 persen dalam penerapannya di RSUD Banyumas.

Direktur RSU Duta Mulya, drg. Dewi Marhenny, MM. dalam sambutannya mengatakan bahwa walaupun sebagai rumah sakit kecil, namun RSU Duta Mulya berkeinginan kuat untuk menerapkan E-RM dalam layanannya.

“Kami super nekat ingin belajar semua karena kami berfikir pada era 4.0 kami harus bisa” katanya.

Hal tersebut sejalan dengan keinginan dari RSU Duta Mulya yang berkeinginan kuat untuk lebih maju dari rumah sakit disekitarnya walaupun berada di wilayah kecamatan yang memiliki tiga rumah sakit.

Setelahnya, Tim Tehnologi Informasi RSUD Banyumas memaparkan tentang E-RM yang dikembangkan lewat SIMRS yang kesemuanya terintegrasi dalam setiap fitur yang ada di SIMRS.

Related Posts

Komentar