SISTEM INFORMASI THALASEMIA DI SOSIALISASIKAN DI RSUD BANYUMAS

SISTEM INFORMASI THALASEMIA DI SOSIALISASIKAN DI RSUD BANYUMAS

BANYUMAS – Thalasemia merupakan suatu keadaan dimana seseorang mengalami kelainan darah yang disebabkan oleh faktor genetik sehingga mengakibatkan protein yang ada di dalam sel darah merah (hemoglobin) tidak berfungsi secara normal. Penanganan thalassemia harus dilakukan secara komprehensif sehingga diharapkan kasus baru munculnya penderita thalassemia dapat ditekan dengan baik.

Terkait hal tersebut, RSUD Banyumas sebagai instansi pelayanan kesehatan masyarakat milik pemerintah Kabupaten Banyumas yang juga memiliki fasilitas pelayanan thalassemia yang melayani area dibeberapa kabupaten di bagian selatan Jawa Tengah senantiasa berupaya memberikan layanan terbaik kepada pelanggannya dengan tetap mengikuti perkembangan kebijakan dan juga regulasi dari stakeholder di atasnya sehingga penanganan thalassemia dapat berjalan optimal dan sesuai aturan yang ditetapkan.

Salah satu hal yang dilakukanan adalah dengan mengikutkan para petugas yang berkaitan dengan pelayanan thalassemia untuk mendapatkan sosialitasi tentang Sistem Informasi (SI) Thalasemia yang diberikan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Banyumas.

Tidak kurang dari 20 orang mengikuti kegiatan yang dihelat di Ruang Pertemuan Perinatologi RSUD Banyumas pada Rabu (17/11) yang lalu. Sosialisasi SI Thalasemia diberikan langsung oleh Kepala Seksi PTM Dinkes Kabupaten Banyumas, Jasun, S.Kep.

Pada kegiatan tersebut, peserta diberikan informasi tentang aplikasi yang telah dibuat oleh Kementerian Kesehatan yang digunakan untuk melakukan screening sehingga diperoleh data seseorang yang dicurigai mengidap thalassemia atau tidak.

Pada kegiatan tersebut, Kepala Bidang Pelayanan Medis dr. Junaedi serta Kepala Bagian Diklitbang dan Peningkatan Mutu RSUD Banyumas Anna Kartika Puji Prasetyojati, S.Psi.,Psi.,MSi. mendampingi secara langsung peserta yang mengikuti sosialisasi.

Related Posts

Komentar