RSUD Banyumas Selenggarakan Pelatihan Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien (PMKP)

RSUD Banyumas Selenggarakan Pelatihan Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien (PMKP)

RSUD Banyumas Selenggarakan Pelatihan Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien (PMKP)

Mengundang nara sumber dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS), dr Luwiharsih, M.Sc, dr Nina Sekartina, M.HA, Dra Amatyah S, MKes  RSUD Banyumas selenggarakan pelatihan PMKP dua hari berturut turut, tangggal 8 – 9 Oktober 2019. Bertempat di aula RSUD Banyumas, acara pelatihan PMKP ini berjalan lancar dan penuh antusias dari hari pertama sampai hari terakhir.

RSUD Banyumas menyelengggarakan Pelatihan PMKP  dengan narasumber dari KARS, dengan tujuan agar seluruh kepala-kepala unit, penanggungjawab mutu unit, ketua-ketua komite memahami dan bisa melaksanakan program PMKP unit maupun Rumah Sakit. Di Ikuti 60 orang peserta, pelatihan PMKP ini akan diteruskan dengan workshop internal PMKP unit.

Pelatihan ini menjadi urgen, seperti yang disampaikan oleh Direktur RSUD Banyumas dr Dani Esti Novia dalam sambutanya karena Salah satu standar yang harus dipenuhi oleh rumah sakit adalah keselamatan pasien. Mengacu kepada standar keselamatan pasien, maka rumah sakit harus merancang proses baru atau memperbaiki proses yang ada, memonitor dan mengevaluasi kinerja melalui pengumpulan data, menganalisis secara intensif insiden, melakukan aktivitas pengelolaan risiko, serta senantiasa melakukan perbaikan untuk meningkatkan kinerja serta keselamatan pasien. Sehubungan dengan berlakunya Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit (SNARS) edisi 1.1 pada tahun 2020, maka seluruh kepala unit, ketua-ketua komite harus memahami dan bisa melaksanakan program PMKP seperti yang diminta oleh standar. .

Disampaikan pula bahwa prinsip dari pengelolaan rumah sakit adalah menjaga mutu dan keselamatan pasien, dimana salah satu caranya adalah dengan memenuhi standar/indikator dalam Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit (SNARS). Evaluasi terhadap mutu dan keselamatan pasien harus dilakukan untuk menekan angka pengaduan / komplain dari masyarakat dan menjadikan indeks kepuasan masyarakat sebagai prioritas RSUD Banyumas dalam memberikan pelayanan.

Salam Sehat RSUD Banyumas

 

 

Related Posts

Komentar