Rayakan HUT RI  ke 74, RSUD Banyumas Gelar Lomba Cerdas Cermat Budaya Keselamatan

Rayakan HUT RI ke 74, RSUD Banyumas Gelar Lomba Cerdas Cermat Budaya Keselamatan

 

Membangun budaya keselamatan  di Rumah Sakit membutuhkan strategi. Metode ceramah klasikal belum cukup untuk membangunan budaya. Butuh upaya-upaya komprehensif untuk semakin bisa mebentuk karakter mutu ini kepada seluruh karyawan.

Merujuk pada hal tersebut di atas, dalam rangka HUT RI ke 74 RSUD Banyumas menyelenggarakan berbagai macam lomba. Pertama lomba Gerakan Rumah Sakit Bersih dan Tertib (GRSBT), kedua lomba Cerdas Cermat Budaya Keselamatan Pasien, Ketiga Lomba Gerak dan Lagu Budaya Keselamatan Pasien, dan Lomba Paduan Suara (Indonesia Raya 3 stansa).

hari ini  Sabtu tanggal 2 Agustus 2019 diselenggarakan Cerdas Cermat Budaya Keselamatan. Ada tiga babak yang akan diikuti oleh para peserta yaitu Babak Penyisian, Babak Semifinal dan Babak Final. Dari babak penyisihan ini akan diambil sepuluh besar unit yang memiliki nilai terbaik untuk mengikuti Babak semifinal dan final.

Melalui lomba cerdas cermat ini RSUD Banyumas berupaya membangun Budaya Keselamatan Melalui hiden curriculum dan Kegiatan yang menyenangkan.

Secara umum berikut ini adalah Konsep Budaya Keselamatan

 

Budaya Keselamatan

  • Kesadaran ( awareness ) yang aktif dan konstan tentang adanya potensi timbulnya kesalahan. Staf dan organisasi mampu mengenali kesalahan-kesalahan,belajar dari kesalahan tsb,dan mengambil tindakan untuk memperbaikinya
  • Terbuka dan Adil ( open and fair ),artinya berbagi informasi secara terbuka dan bebas,perlakuan yang adil terhadap staf waktu terjadi insiden.
  • Pendekatan Sistem ( systems approach ) terhadap keselamatn,artinya semua insiden juga dikaitkan dengan sistem ditempat individu tsb. bekerja.

Manfaat penting dari budaya keselamatan :

  • Mengurangi berulangnya dan keparahan dari insiden keselamatan ( dengan pelaporan dan pembelajaran )
  • Mengurangi cidera fisik dan psikis terhadap pasien ( kesadaran konsep patient safety,”speaking up” )
  • Mengurangi biaya pengobatan dan ekstra terapi
  • Mengurangi kebutuhan sumberdaya untuk manajemen komplain dan klaim
  • Mengurangi jumlah staf yang stres, merasa bersalah,malu, kehilangan kepercayaan diri,dan moril rendah

Demikian

Salam Sehat RSUD Banyumas 

 

 

Related Posts

Komentar