Tiap Bulan Ratusan Pasien Jalani Fisioterapi

Dilihat : 4886 Kali, Updated: Senin, 15 Pebruari 2016
Tiap Bulan Ratusan Pasien Jalani Fisioterapi

Angka morbiditas/ kesakitan yang ditangani fisioterapi di RSUD Banyumas pada 2015 tercatat 2.234 pasien atau rata-rata 186 pasien/bulan. Angka tersebut naik rata-rata 0,96% per tahun.

Direktur RSUD Banyumas dokter AR Siswanto Budiwiyoto MKes menerangkan, angka kesakitan adalah persentase penduduk yang mempunyai keluhan kesehatan.

Keluhan kesehatan adalah gangguan terhadap kondisi fisik maupun jiwa, termasuk karena kecelakaan atau hal lain yang menyebabkan terganggunya kegiatan sehari-hari. Pada umumnya keluhan kesehatan yang banyak dialami adalah panas, sakit kepala, batuk, pilek, diare, asma/sesak napas, dan sakit gigi.

Orang yang menderita penyakit kronis dianggap mempunyai keluhan kesehatan walaupun pada waktu survei penyakit yang bersangkutan tidak kambuh. Ia mengatakan, penyembuhan penyakit atau keluhan kesehatan yang diderita pasien seperti pascaoperasi, gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak, nyeri otot dan lain-lain, tak hanya dilakukan dengan obat, tetapi juga dengan fisioterapi.

’’Unit fisioterapi RSUS Banyumas berada di bawah koordinasi Instalasi Rehabilitasi Medik. Unit ini didukung tenaga kesehatan profesional dan teknologi modern,’’jelasnya.

Fungsi Tubuh

rdinator Fisioterapi Erna Widiyanti menjelaskan, fisioterapi adalah proses merehabilitasi seseorang agar terhindar dari cacat fisik melalui serangkaian penilaian, diagnosis, perlakuan, dan aktivitas pencegahan.

’’Tujuan fisioterapi adalah mengembalikan fungsi tubuh setelah terkena penyakit atau cedera. Jika tubuh menderita penyakit atau cedera permanen, maka fisioterapi dapat diprioritaskan untuk mengurangi dampak. Fisioterapi terbukti efektif menangani pasien dengan berbagai usia, dari bayi hingga orang tua,’’paparnya.

Erna menambahkan, fisioterapi merupakan salah satu metode penyembuhan yang paling banyak digunakan dalam berbagai penanganan masalah saraf, otot dan sendi, rehabilitasi pascastroke, parkinson’s disease, struktur tulang yang tidak benar, keterlambatan pertumbuhan pada anak-anak, rehabilitasi pascaoperasi, asma, dan berbagai gangguan lain. RSUD Banyumas siap memberikan pelayanan fisioterapi setiap hari pada jam kerja.

Komentar