
Downtime Terencana, Upaya Menjaga Layanan Tetap Prima Pada Pelanggan
Banyumas – Sudah semakin mengguritanya layanan untuk masyarakat melalui media online digital, menuntut semua layanan yang diberikan harus senantiasa berjalan baik dan memuaskan.
Terkait dengan hal tersebut, RSUD Banyumas yang merupakan instansi layanan kesehatan masyarakat juga harus terus menjaga layanannya yang telah diberikan melalui media online digital selama ini.
Untuk menjaga hal tersebut, salah satu upaya penting yang dilakukan secara berkala adalah melakukan apa yang dinamakan Downtime yang telah direncanakan. Downtime Terencana adalah periode ketika sebuah sistem, perangkat, atau layanan tidak dapat beroperasi atau diakses oleh pengguna, yang disebabkan oleh pemeliharaan terencana.
Edi Purwanto, S.Kom., Kepala Instalasi Teknologi Informasi RSUD Banyumas, dalam paparannya menyampaikan bahwa untuk menjaga kestabilan kinerja perangkat jaringan yang dimiliki oleh rumah sakit, maka perlu dilakukan pemeliharaan yang terencana pada semua perangkat.
“Direncanakan akan dilakukan Downtime pada jaringan di RSUD Banyumas pada tanggal 4 dan 5 Oktober mendatang” jelasnya.
Dia menyampaikan bahwa setelah proses downtime yang direncanakan selesai, maka kinerja perangkat keras dan lunak yang dimiliki rumah sakit akan berkerja lebih optimal yang akan berdampak pada layanan ke pelanggan RSUD Banyumas.
Hal ini disampaikan pada pertemuan koordinasi peningkatan mutu rumah sakit yang digelar di Aula Pertemuan Lantai III Gedung Thalasemia pada Selasa (30/9/2025).