Ronde Keperawatan - Ruang Permata Hati RSUD Banyumas
BANYUMAS - RSUD Banyumas dalam Hal ini Bidang Keperawatan selalu berupaya meningkatkan mutu pelayanan, mutu asuhan keperawatan dan tentunya pengetahuan bagi para perawat, karenaya pada hari ini Rabu (10/08/2022) salah satu program yang mulai di giatkan kembali oleh Kepala Bidang Keperawatan RSUD Banyumas adalah Ronde Keperawatan.
Rencananya Ronde Keperawatan ini akan di gelar setiap 1 bulan sekali dengan melibatkan semua Profesional Pemberi Asuhan (PPA) yang terkait, untuk bidang keperawatan sendiri telah membagi dalam beberapa Kelompok Fungsional Keperawatan (KFK) yaitu ;
• KFK Bedah
• KFK Penyakit Dalam
• KFK Maternal
• KFK Anak
• KFK Gadar Kritis
• KFK Jiwa
• Kelompok Fungsional Kebidanan
Ronde Keparawatan kali ini merupakan Kali Ke-3 setelah sebelumnya dari KFK Bedah dahulu pertama di Ruang Melati dengan Kasus pada Pasien DM Type 2, Sepsis dan Ulkus DM Selanjutnya yang ke dua KFH Bedah juga di Ruang Cempaka dengan Kasus BPH.
Hadir dalam Kegiatan Ronde Keperawatan ini Kepala Bidang Keperawatan RSUD Banyumas Tulus Setiono, S.Kep.,Ns.,MPH bersama Mentor Nurul Hidayati, S.Kep.,Ns.,M.Kep dan Perseptor Septina Candra Dewi, S.Kep.,Ns
Pelaksana Kegiatan Ronde Keperawatan dari KFK Maternal dari VK adalah Supriyaini, S.ST dan dari Ruang Permata Hati Hadir Kepala Ruang Permata Hati Siti Yarsih, S.Kep.,Ns dengan Anggota Timnya.
Apa itu Ronde Keperawatan
Ronde keperawatan adalah kegiatan yang bertujuan untuk mengatasi masalah keperawatan pasien yang dilaksanakan oleh perawat selain melibatkan pasien untuk membahas dan melaksanakan asuha keperawatan. Pada kasus tertentu harus dilakukan perawat primer atau konselor, kepala ruangan, perawat pelaksana yang perlu juga melibatkan seluruh anggota tim kesehatan (Nursalam, 2002).
Tujuan Ronde Keperawatan
Bagi Perawat
• Meningkatkan pengetahuan dan kemampuan staf / perawat dalam belajar kasus (studi kasus) dan mengelola kasus
• Menumbuhkan cara berpikir secara kritis
• Menumbuhkan pemikiran tentang tindakan keperawatan yang berasal dari masalah klien.
• Meningkatkan validitas data klien.
• Meningkatkan mutu asuhan keperawatan
• Menyediakan kesempatan pada staf perawat untuk belajar meningkatkan penilaian keterampilanm klinisnya
• Membangun kjerjasama dan rasa hormat
Manfaat Ronde Keperawatan bagi pasien adalah
• Untuk mengamati kondisi fisik dan mental pasien
• Untuk mengamati pekerjaan staf / Perawat
• Untuk membuat pengamatan khusus pasien dan memberikan laporan ke dokter mengenai, misalnya: kondisi luka, drainase, pendarahan, dan sebagainya
• Untuk memperkenalkan / menjalin hubungan baik pasien ke petugas ( Profesional Pemberi Asuhan) dan sebaliknya.
Langkah Langkah Ronde Keperawatan
1. Perawat Pelaksana :
Menetapkan Pasien yang akan di pilih untuk kegiatan Ronde Keperawatan
2. Persiapan Pasien
Persetujuan dari Pasien / Keluarga ( Inform Consent)
3. Perawat : Assesment - Penyajian masalah pasien
• Menentukan Diagnose Keperawatan
• Menyampaikan Data Pendukung
• Menyampaikan intervensi yang telah di laksanakan
• Menyampaikan hambatan yang di alami
4. Validasi data oleh Perawat Pelaksana – Kepala Ruang – Konselor
5. Diskusi di ruang Nurse station
6. Kesimpulan dan rekomendasi solusi masalah
Untuk Hari ini kegiatan Ronde Keperawatan Hari ini dengan tema “ Asuhan Keperawatan pada Pasien Sectio Caesarea ‘” bersama Tim Perawat Ruang Permata Hati