Promkes DKK Banyumas Peringati Hari Kesehatan Lanjut Usia Nasional ke-26 dengan Kegiatan Sosialisasi Kesehatan Lanjut Usia

Promkes DKK Banyumas Peringati Hari Kesehatan Lanjut Usia Nasional ke-26 dengan Kegiatan Sosialisasi Kesehatan Lanjut Usia

BANYUMAS-Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) yang diperingati setiap tanggal 29 Mei merupakan hari di mana negara Republik Indonesia ingin mengapresiasi berupa penghargaan atas semangat jiwa raga serta peran penting dan strategi para lanjut usia Indonesia dalam kiprahnya mempertahankan kemerdekaan, mengisi pembangunan dan memajukan bangsa.
Hari Lanjut Usia Nasioanal ke-26 kali ini mengusung Tema “ Lansia Sehat Indonesia Kuat “
Hari ini Rabu Legi (29/06/2022) bertempat di The Village Baturaden Banyumas, Promosi Kesehatan (Promkes) Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Banyumas bersama sama dengan Tim Promkes Rumah sakit baik Rumah Sakit Pemerintah maupun swasta yang berada di wilayah RSUD Banyumas menyelenggarakan kegiatan “ Sosialisasi Kesehatan Lanjut Usia ”.
Hadir dalam acara HLUN hari ini adalah Wakil Bupati Banyumas, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Sosial Sekda Kab. Banyumas, Perwaiklan dari Ketua Tim Penggerak PKK Kab. Banyumas, Perwakilan dari Kepala Dinas Sosial dan Pemerintahan Masyarakat Desa Kab. Banyumas, Perwakilan dari Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Kabupaten Banyumas, Perwakilan dari Kepala Bank Pemerintah Daerah (BPD) Jawa Tengah, Perwakilan dari PT Taspen cabang Purwokerto, Perwakilan dari Kepala Dinas Kesehatan Kab. Banyumas dr Novita Sabjan,MM dan Seluruh Panitia Penyelenggara dari DKK Banyumas serta perwakilan Promkes RS Pemerintah maupun swasta di Kab. Banyumas serta hadir para lansia sejumlah 70 orang.
Susunan acara Peringatan HLUN Tahun 2022 kali ini,Sbb.:
• Registrasi,
• Senam bersama / senam sehat untuk para lansia,
• Skrining Kesehatan (Cek Suhu, Cek Tekanan darah, Cek Gula darah, Cek Asam urat dan Cek Cholesterol),
• Pemberian Materi oleh Dr.dr. Susiana,Sp.KO tentang Latihan Fisik bagi Lansia
• Sambutan dari Ketua Penyelenggara Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas, dalam hal ini di wakilkan Kepala Bidang Kesmas DKK Banyumas dr. Novita Sabjan,MM
• Sambutan dari Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastiono
• Acara PHBS dengan Makan Buah Bersama Wakil Bupati Banyumas
• Pembagian Doorprize bagi para lansia
Dr Novita Sabjan,MM dalam sambutanya menyampaikan Hari Kesehatan Lanjut Usia seyogynaya di peringati setiap tanggal 29 Mei namun karena sesuatu hal baru bisa di selenggarakan pada hari ini Rabu (29/06/2022), Peringatan Hari Lansia Nasional ke-26 Mengangkat Tema “Lansia Sehat Indonesia Kuat” dengan sub tema bidang kesehatan Lansia Sehat, Lansia berdaya, Indonesia Maju. Melalui tema ini di harapkan bangkit kembali pesan pesan kesehatan bahwa sehat itu modal utama, sehat harus di jaga dengan menerapkan Perilaku Hidup Sehat, Vaksinasi Covid-19, Skrining Kesehatan dan Pemeriksaan Kesehatan Kebugaran Jasmani.
Dengan demikian akan terbangun Keluarga yang sehat dan Kesehatan, terwujud Lansia yang sehat, berdaya menuju Indonesia maju, Tujuan secara umum peringatan Hari Lansia di tingkat Kabupaten Banyumas adalah mensosialisasikan mengenai kesehatan kepada Lansia dan Posyandu lansia di Kab. Banyumas, pungkasnya.
Sadewo Tri Lastiono dalam sambutanya menyampaikan bahwa dengan Momentum peringatan Hari Lanjut Usia Nasional ini menggugah kesadaran dan kepedulian segenap elemen Masyarakat terhadap para lanjut usia, sekaligus memotivasi para lansia di Kabupaten Banyumas untuk tetap semangat, sehat dan produktif, sehingga mampu mengambil peran dalam pembangunan daerah serta menjadi tauladan bagi generasi muda.
Menjadi tua itu merupakan Fase kehidupan bagi manusia, secara kodrati akan di ikuti dengan penurunan hampir semua aspek, khususnya aspek fisik dan psikologis, perlu cara cara khusus tadi sudah di jelaskan seperti dengan olah raga khusus agar bapak ibu yang di karunia usia panjang ini tetap sehat dan bugar, selain menjaga pola makan dengan makan makanan yang bergizi, bapak ibu juga harus selalu menjaga kebersihan, positif dalam pemikiran dan bersosialisasi serta silaturahmi, pungkasnya.
Acara di tutup dengan Perilaku Hidup sehat dengan makan buah bersama wakil Bupati Banyumas.
Mari kita bersama ciptakan lingkungan yang aman dan sehat bagi para lansia agar mereka dapat hidup sehat, mandiri, & sejahtera untuk Indonesia kuat.

Related Posts

Komentar