PSIKOTES SALAH SATU ACUAN DASAR PENILAIAN PEGAWAI

PSIKOTES SALAH SATU ACUAN DASAR PENILAIAN PEGAWAI

BANYUMAS – Psikotes dalah salah satu jenis tes yang dilakukan oleh psikolog yang berguna untuk mengetahui kondisi psikologis ataupun karakter seseorang. Saat ini hampir seluruh perusahaan, instansi maupun lembaga lainnya, menggunakan psikotes sebagai salah satu tes yang dipakai untuk menilai kondisi calon pegawai. Dari nilai tersebut dapat diputuskan bahwa seseorang tersebut bisa diterima atau tidak sebagai karyawan, layak dipromosikan ataupun tidak sebagai seorang pegawai.

Tim Psikologi RSUD Banyumas pada Senin (21/12/2020) pagi ini mengadakan psikotes yang diikuti oleh calon Pegawai Non Pegawai Negeri Sipil (PNPNS) yang telah dinyatakan lolos dari tahapan tes kesehatan beberapa waktu sebelumnya. Calon PNPNS ini direkrut oleh Manajemen RSUD Banyumas untuk nantinya menjadi pegawai di tahun 2021.

Ratih Winanti, S.Psi., MH yang bertindak sebagai penguji menyampaikan bahwa RSUD Banyumas telah menyelenggarakan psikotes untuk penyaringan pegawai sejak beberapa tahun yang lalu.

“Sejak tahun 1999 Rumah Sakit Umum Banyumas telah melakukan tahapan psikotes untuk menyeleksi calon pegawai yang akan bekerja di sini” katanya.

Sebanyak 40 orang calon PNPNS mengikuti psikotes di Aula Komite Medis diberi materi psikotes mulai dari menggambar bentuk sampai dengan menyelesaikan soal tugas yang diberikan oleh penguji.

Setelahnya penguji menyampaikan bahwa hasil tes saat ini akan menjadi dasar penilaian tiap individu untuk dievaluasi hasil dari kerjanya beberapa waktu ke depan.

“Anda berhak menanyakan hasil dari psikotes ini 3 bulan ke depan dengan seizin psikolog dan manajemen” pesan Ratih.

Related Posts

Komentar