KDS Life Support Banyumas Bergilat Kembali Setelah Pandemi

KDS Life Support Banyumas Bergilat Kembali Setelah Pandemi

BANYUMAS – Kelompok Dukungan Sebaya (KDS) Banyumas Life Support kembali melaksanakan agenda rutinnya setelah beberapa waktu sempat vakum di masa pandemi covid-19. Pada Kamis (13/8/2020) bertempat di Aula Komite Medis diadakan pertemuan perdana para anggota dengan mengambil tema “Kepatuhan ARV”. ARV adalah Anti Retro Viral yang merupakan salah satu pengobatan yang harus dijalani oleh ODHA.

Septiari, Ketua KDS RSUD Banyumas, menginformasikan bahwa di Kabupaten Banyumas ada dua KDS. Pertama Banyumas Life Support yaitu KDS yang ada di RSUD Banyumas dan yang kedua adalah KDS Senyum Semangat yang berada di RSUD Margono Soekarjo Purwokerto. Anggota KDS aktif yang berada di Banyumas sekitar 50 orang. Jumlah tersebut juga berasal dari luar Kabupaten Banyumas.

“Dulunya kita rutin mengadakan pertemuan yang didanai oleh donatur, karena donatur sekarang tinggal satu maka kegiatan akan berjalan ketika donatur sudah transfer” jelasnya.

dr. Yulianasari yang menjadi pemateri pada kegiatan tersebut menyampaikan bahwa ODHA yang cek viraload nya tidak terdeteksi untuk tetap menjaga kesehatan terutama untuk kesehatan lainnya.

“ODHA tidak perlu khawatir, karena apabila semua terkontrol dengan baik maka umur harapan hidupnya sama dengan orang yang lain” katanya.

Dia juga menyampaikan agar ODHA yang tergabung di Banyumas Life Support RSUD Banyumas senantiasa berbagi pengalaman kepada rekan yang lain sehingga akan saling memperkaya pengalaman bagi yang rekan lainnya.

“Kebosanan meminum obat adalah hal yang wajar namun dapat diatasi dengan saling memberi semangat” pesannya.

Terkait kondisi organ tubuh yang lain karena konsumsi obat yang setiap hari, dia menjelaskan untuk melakukan cek darah lengkap paling tidak satu tahun sekali untuk ODHA.

Related Posts

Komentar