Mas Sultan RSUD Banyumas, Fasilitas Konsultasi Online Gratis
Rumah Sakit Umum Daerah Banyumas adalah Rumah Sakit tipe B pendidikan. Pada tahun 2019, RSUD Banyumas memiliki 20.2076 kunjungan pasien rawat jalan pertahunnya atau 680 kunjungan pasien perharinya.
Dari angka kunjungan pasien perhari yang mencapai 680 kunjungan, terdapat 60% jumlah pasien yang merasa kebingungan ketika akan berobat di RSUD Banyumas. Kasus yang sering ditanyakan oleh pasien adalah pasien bingung dengan pemilihan poliklinik yang sesuai dengan keluhan penyakit, alur pelayanan saat berobat, jadwal dokter dan perubahan jadwal dokter.
Inovasi “MAS SULTAN” adalah jawaban untuk kemudahan terhadap akses pelayanan di RSUD Banyumas. Inovasi mendukung upaya pemberian informasi layanan kesehatan, terkait pemahaman pasien mengenai perawatan kesehatan pasca keluar dari Rumah Sakit dan memberikan pemahaman tentang administratif pelayanan kesehatan di RSUD Banyumas.
Dalam Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit dalam Bab Manajemen Informasi dan Rekam Medis, Bab Akses Ke Rumah Sakit dan Kontinuitas Pelayanan, diminta akses ke RS berbasis SIMRS. Standar ini tidak mengada-mengada, karena faktanya saat ini SIMRS adalah jawaban atas kompleksitas pelayanan di rumah sakit dan banyaknya dokumentasi kegiatan yang dilakukan.
Dalam era digitalisasi, SIMRS menjadi mutlak dimiliki oleh seluruh Fasyankes terlebih Rumah Sakit. Dari basic SIMRS ini akan sangat banyak informasi elektronik yang bisa dikembangkan. Mas Sultan (RSUD Banyumas Konsultasi Online) merupakan Inovasi dari SIMRS. Dengan mudah, kita bisa konsultasi tentang kesehatan maupun pelayanan secara online.
Semoga bermanfaat