Meningkatkan Kemampuan Akademik melalui Kebugaran Fisik

Dilihat : 6992 Kali, Updated: 17 07 2014 09:29:02
Meningkatkan Kemampuan Akademik melalui Kebugaran Fisik

Kebugaran fisik pada anak-anak dan masa remaja sangat bermanfaat bagi kesehatan fisik dan mental sepanjang hidupnya. Bukti-bukti menunjukkan bahwa hal itu juga mungkin memainkan peran kunci dalam kesehatan otak dan kinerja akademik. Dalam sebuah studi di The Journal of Pediatrics, peneliti mempelajari pengaruh independen dan gabungan komponen kebugaran fisik pada prestasi akademik.

Kapasitas kardiorespirasi, kekuatan otot, dan kemampuan motorik merupakan komponen kebugaran fisik yang terdokumentasi memiliki potensi untuk meningkatkan kesehatan, yang mungkin memiliki efek yang berbeda pada otak dan, tentunya, prestasi akademik.
Namun, hubungan kinerja akademik dan kebugaran fisik lebih kuat terhadap kemampuan motorik dibandingkan kapasitas kardiorespirasi, yang berarti bahwa kemampuan motorik mungkin lebih penting untuk kinerja akademik. Sebaliknya, anak-anak dan remaja yang memiliki kapasitas kardiorespirasi dan kemampuan motorik lebih rendah  memiliki nilai yang lebih rendah pula. Kekuatan otot tidak independen terkait dengan kinerja akademik.

Upaya harus dilakukan untuk mempromosikan kegiatan fisik untuk anak-anak dan remaja yang melibatkan latihan aerobik dan tugas motorik untuk meningkatkan kemampuan kardiorespirasi dan kemampuan motorik, dengan demikian meningkatkan pengembangan akademik.

Komentar