Aktivitas Fisik Menyehatkan

Dilihat : 6160 Kali, Updated: 25 02 2014 11:11:46
Aktivitas Fisik Menyehatkan

Satu dari tiga orang dewasa tidak melakukan aktivitas fisik yang cukup untuk menjaga kesehatan yang baik. Lebih dari 3 juta orang meninggal setiap tahun karena mereka tidak cukup aktif. Aktivitas fisik yang teratur dapat mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, depresi, dan kanker payudara dan usus. Dalam lembar fakta baru ini, WHO merekomendasikan bahwa orang dewasa melakukan setidaknya 150 menit per minggu aktivitas fisik intensitas sedang seperti berjalan kaki, bersepeda, atau melakukan pekerjaan rumah tangga atau olahraga.

Fakta-fakta penting

  • Kemalasan beraktivitas fisik merupakan faktor risiko utama keempat kematian di seluruh dunia.
  • Sekitar 3,2 juta orang meninggal setiap tahun akibat malas melakukan aktivitas fisik.
  • Malas beraktivitas fisik merupakan faktor risiko utama untuk penyakit tidak menular (NCD) seperti penyakit jantung, dan kanker diabetes.
  • Aktivitas fisik memiliki manfaat kesehatan yang signifikan dan memberikan kontribusi untuk mencegah NCD.
  • Secara global, satu dari tiga orang dewasa tidak cukup aktif.

 

Apa itu aktivitas fisik?

WHO mendefinisikan aktivitas fisik seperti halnya gerakan tubuh yang dihasilkan oleh otot rangka yang memerlukan pengeluaran energi - termasuk aktivitas yang dilakukan saat bekerja, bermain, melakukan pekerjaan rumah tangga, bepergian, dan terlibat dalam kegiatan rekreasi.

Istilah "aktivitas fisik"  tidak harus bingung dengan "latihan", yang merupakan subkategori dari aktivitas fisik yang direncanakan, terstruktur, berulang-ulang, dan bertujuan untuk meningkatkan atau mempertahankan satu atau lebih komponen kebugaran fisik. Keduanya, aktivitas fisik intensitas sedang dan kuat membawa manfaat kesehatan.

Intensitas berbagai bentuk aktivitas fisik bervariasi antara  setiap orang. Agar bermanfaat bagi kesehatan kardiorespirasi, semua aktivitas harus dilakukan dalam minimal durasi 10 menit. WHO merekomendasikan:

  • untuk anak-anak dan remaja: 60 menit dari sedang hingga aktivitas intensitas kuat per hari;
  • untuk orang dewasa (18 +): 150 menit aktivitas intensitas sedang per minggu.

Manfaat dari aktivitas fisik

Aktivitas fisik yang teratur dengan intensitas sedang - seperti berjalan kaki, bersepeda, atau melakukan olahraga - memiliki manfaat yang signifikan bagi kesehatan. Di segala usia, manfaat menjadi aktif secara fisik lebih besar daripada potensi bahaya, misalnya melalui kecelakaan. Beberapa aktivitas fisik lebih baik daripada tidak melakukan apapun. Dengan menjadi lebih aktif sepanjang hari dengan cara yang relatif sederhana, orang dapat dengan mudah mencapai tingkat aktivitas yang direkomendasikan.

Tingkat Reguler dan memadai aktivitas fisik:

  • meningkatkan kebugaran otot dan cardiorespiratory;
  • meningkatkan kesehatan tulang dan fungsional;
  • mengurangi risiko hipertensi, penyakit jantung koroner, stroke, diabetes, kanker payudara dan kanker usus besar dan depresi;
  • mengurangi risiko jatuh serta pinggul atau tulang belakang patah, dan
  • merupakan dasar untuk keseimbangan energi dan mengontrol berat badan.

sumber : WHO

Komentar